Trik Rahasia agar Web Tetap Ringan Diakses oleh Jutaan Visitor Per-Detik

Website anda lemot karena visitor sudah terlalu banyak? Ato mungkin skrip web dinamis anda terlalu kompleks sehingga website lambat? Kali ini saya akan share Trik rahasia web dinamis agar tetap ringan ketika diakses oleh ribuan bahkan jutaan visitor per detik.

Website sangat cepat diakses

Dengan trik ini, dijamin website anda lebih wuzz-wuzz ketika diakses oleh visitor, bahkan hingga jutaan visitor perDETIK. Ingat PERDETIK, bukan PERHARI atau PERBULAN apalagi PERTAHUN!

Untuk menjalankan Trik ini, sebaiknya Anda mengerti sedikit tentang PHP karena trik ini khusus web dinamis yang dibangun dengan PHP scripting. Web anda harus berada pada web hosting, bukan seperti blogspot atau wordpress.com. Nah di web anda nanti bisa dipasang skrip PHP khusus yang disebut sistem HDD Cache.

Sistem Web dengan HDD Cache digunakan untuk membuat proses algoritma web dinamis hanya dijalankan 1x dalam batasan waktu tertentu sehingga membuat kinerja CPU lebih ringan dan web dapat diakses dengan sangat ringan oleh banyak pengunjung dalam waktu bersamaan. Metode HDD Cache ini akan membuat halaman website menjadi statis untuk sementara waktu. Setelah waktu cache habis, maka algoritma program akan menjalankan proses untuk melakukan generate cache halaman web yang baru pada Harddisk Server.

Kelebihan dari sistem HDD Cache adalah sebagai berikut.

+ Web menjadi sangat ringan.

Karena algoritma web dinamis hanya diproses 1x dalam waktu yang telah ditentukan, maka web menjadi sangat ringan diakses. Rahasianya adalah proses Cache dilakukan pada saat proses akses pertama kali. Proses berikutnya adalah proses pengambilan konten dari Cache yang telah tersimpan di HDD, bukan dari Database.

Agar website lebih cepat diakses lagi, pastikan web hosting Anda memiliki kecepatan bagus dan stabil. Cek juga efisiensi kode web Anda di GTMetrix.com, bandingkan sebelum dan sesudah menggunakan metode HDD Cache di Tools.pingdom.com

+ Penggunaan RAM dan Prosesor server dapat ditekan

Dengan metode HDD Cache, CPU usage dapat ditekan serendah mungkin. Hal ini adalah hal positif, karena kinerja prosesor Server menjadi lebih ringan. Jika anda memiliki VPS/VDS (Virtual Private Server/Virtual Dedicated Server) atau bahkan DS (Dedicated Server), hasilnya bisa jadi akan lebih bagus. Perlu diperhatikan bahwa belum tentu VPS/VDS/DS memiliki hardware yang lebih bagus dari Shared Hosting. Anda harus memahami kebutuhan Sistem Web Anda.

+ Bisa menggunakan Shared Hosting saja

Karena penggunaan CPU resource dapat ditekan menjadi lebih rendah, maka Anda bisa lebih aman dalam menggunakan SHared Hosting yang lebih murah dibandingkan VDS/VPS/DS. Shared Hosting lebih hemat, pengeluaran Anda menjadi lebih kecil untuk belanja server :-)

Kelemahan dari sistem HDD Cache adalah sebagai berikut.

– Membutuhkan HDD Space server yang lebih besar.
Seiring berkembangnya jumlah konten dan halaman web anda, maka jumlah space HDD Space web hosting akan berkurang karena sistem HDD Cache akan membuat statis seluruh halaman web anda dalam beberapa saat. Hal ini tidak masalah, karena web hosting sekarang sudah menyediakan space besar bahkan Unlimited/Unmetered yang artinya penggunaan space sudah tidak perlu dihitung lagi. Memiliki VPS/VDS (Virtual Private Server/Virtual Dedicated Server) atau bahkan DS (Dedicated Server), hasilnya bisa jadi akan lebih bagus. Perlu diperhatikan bahwa belum tentu VPS/VDS/DS memiliki hardware yang lebih bagus dari Shared Hosting. Anda harus memahami kebutuhan Sistem Web Anda.

Perlu diperhatikan untuk Form input data + laporan sukses/gagal input, sebaiknya anda mengecualikannya untuk tidak dibuat sistem cache, kecuali Anda mempunyai keahlian yang lebih tinggi.

Skrip Sistem HDD Cache akan diupdate di artikel selanjutnya.

Tunggu sebentar lagi :-)

Share this post:

Recent Posts

Comments are closed.